JAWABAN UTS PT

JAWABAN UTS PT









1.      A. PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi Informasi,mempunyai pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Definisi  teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996)
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan menggabungkan komputasi  (computer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William dan Sawyer,2003).
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi mencakup gabungan antara teknologi komputer  yaitu seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan data pemrosesan informasi, dan menyimpan informasi, mengirim informasi serta pemanfaatan yang  dikirimkan melalui saluran komunikasi.
Adapun peranan teknologi informasi dalam kehidupan saya sebagai pendidik yaitu dapat membantu guru dalam menyampaikan  pembelajaran pada peserta didik supaya mudah dimengerti, dipahami dan dicerna. Hal ini diisebabkan adanya variasi metode pengajaran yang lebih efektif, efisien, variatif, menyenangkan sehingga anak didik lebih mudah tertarik karena adanya gaya penyampaian melalui system audio dan visual.
Pengembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada hakekatnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kenyataan menunjukan TIK telah membawa perubahan penting dalam perkembangan peradaban dunia terutama ekonomi. Bahkan abad ke-21 diyakini akan menjadi abad baru yang disebut era informasi-ekonomi (digital-economic) dengan cirri khas perdagangan yang memanfaatkan peralatan elektronik (electronic commerce). Keadaan ini mengakibatkan adanya pergeseran paradigma strategis pembangunan masyarakat dunia dari era industri menuju informasi.
Dari berbagai peranan TIK salah satunya yaitu peranan Teknlogi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan (e-education) tidak dapat dihindarkan lagi. Misalnya tidak mungkin lagi mengecek jumlah siswa yang hadir mengikuti pelajaran dari tahun ke tahun hanya dengan catatan di buku tahunan saja, demikian juga hasil nilai siswa yang diperoleh selama mengkuti pendidikan hanya mengandalkan buku nilai guru, leger sekolah atau buku induk sekolah , begitu pula pekerjaan sederhana apapun pekerjaan akan menjadi lebih efisien jika menggunakan computer. Pendidikan yang menggunakan sarana TIK terutama internet biasa disebut e-education.

B. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI IMFORMASI
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menampakkan kemajuannya sekitar abad ke-19 ketika para ilmuwan berhasil menemukan berbagai penemuan penting. Misalnya penemuan di bidang kesehatan yang memungkinkan kesehatan manusia menjadi lebih baik. Selain itu berbagai teknologi yang dikembangkan telah mengubah kondisi manusia dalam berbagai aspek. Perkembangan ini sampai sekarang masih berlangsung dan telah mengubah cara kehidupan manusia di seluruh dunia. Namun yang paling menakjubkan dalam penemuan itu adalah perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Perkembangan yang pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi menjadikan abad ini menjadi Abad informasi (Information Age). Ada juga yang berpendapat bahwa kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi sering dinamakan dengan Revolusi Komunikasi (Communication Revolution). Sekarang, berkat kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi segala berbagai peristiwa yang terjadi di belahan dunia lain dapat diketahui dengan cepat. Dunia perdagangan mengalami kemajuan yang berarti seperti munculnya e-commerce.
Teknologi informasi dan komunikasi mulai berkembang. Sekitar abad ke-15 ketika mesin cetak ditemukan. Dapat dikatakan bahwa dengan ditemukannya mesin cetak terjadi perubahan dalam proses manusia berkomunikasi. Tapi perkembangan yang pesat di bidang informasi dan komunikasi terjadi ketika mulai digunakannya tenaga listrik. Banyak penemuan baru yang menggunakan tenaga listrik untuk menjalankannya. Salah satunya adalah telegrap yang ditemukan oleh Samuel FB. Morse tahun 1837.
Perkembangan di bidang informasi dan komunikasi adalah ditemukannya telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Setelah itu, berbagai penemuan lain bermunculan, di antaranya penemuan ponograp oleh Thomas Edison pada tahun 1877 dan penemuan radio oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1896. Juga perkembangan televisi dan satelit komunikasi menandakan kemajuan yang pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Namun begitu penemuan penting lainnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah dengan ditemukannya komputer. Komputer merupakan penemuan terbesar pada abad ke-20. Perkembangan di bidang komputer semakin pesat ketika ditemukannya transistor pada tahun 1947 oleh John Bardeen dan penemuan mikroprosesor pada tahun 1971. Komputer telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia. Komputer secara luas telah digunakan dalam berbagai bidang untuk mengontrol dari alat yang paling sederhana seperti telepon hingga ke mesin yang paling rumit seperti pesawat terbang. Begitu juga dengan penggunaan robot yang dikendalikan dengan komputer meningkat dengan pesat. Robot-robot ini mengerjakan pekerjaan yang dirasakan terlalu berbahaya bila digunakan oleh manusia. Kemajuan dan kemampuan teknologi komputer ini terus meningkat setiap hari.

Gambar. Penggunaan tenaga robot di perusahaan perakitan mobil. Berkat kemajuan di bidang teknologi komputer, kini penggunaan robot banyak dilakukan di berbagai industri berat menggantikan tenaga manusia.

Selain itu kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat ketika ditemukannya internet. Internet dapat diartikan sebagai suatu jaringan komunikasi antar komputer. Pada awalnya, yaitu tahun 1969, Departemen Pertahanan dan Keamanan Amerika Serikat mengembangkan suatu jaringan komunikasi yang menjadi cikal bakal internet dengan nama ARPnet (Advanced Research Project Agency Network). Jaringan komunikasi ini hanya terhubung antara sistem komputer pemerintah dan militer. Jaringan komunikasi ini dibuat dengan tujuan untuk menjaga keimanan sistem komputer apabila terjadi bencana atau perang.
Melihat manfaatnya yang begitu besar para ilmuwan dari berbagai universitas di Amerika Serikat juga mengembangkan jaringan komputer yang mirip dengan ARPnet, yaitu NSFnet (NSF = Nation Science Foundation). NSFnet ini ternyata lebih baik dan lebih murah sehingga terus dikembangkan agar bisa digunakan oleh masyarakat umum. Terbentuklah apa yang sekarang kita kenal dengan internet. Pada tahun 1993, teknologi internet mulai diperknalkan kepada masyarakat umum. Kini, tiap orang apabila mempunyai komputer, modem, dan software internet dapat mengakses berbagai informasi melalui internet.

C. PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI IMFORMASI
Awalnya pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan besarnya memori yang digunakan sebagai penyimpanan data pada komputer.  Komputer yang memiliki memori berupa RAM (random access memory) atau ROM (read only memory) sebesar 512kb-1mb disebut komputer mini saat ini pengelompokan tersebut sudah tidak tepat lagi karena komputer berukuran kecil, seperti PDA (personal digital assistand)sudah banyak yang memiliki ram yang lebih besar dari 1mb (1mb =1.024 kb).  Oleh karena itu, pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan kemampuan pengolahan data.  Komputer juga dapat digolongkan berdasarkan fisik, sistem operasi dan jenis data yang diperoleh. 
Berdasarkan kemampuan pengolahan data dan bentuk fisiknya, komputer dikelompokan menjadi beberapa bagian, mainframe, minicomputer dan microcomputer. 
A.   Mainframe: jenis komputer yang digunakan yang digunakan pada perusahaan-perusahaan bersekala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sngat besar .
B.    Mini komputer: jenis komputer ini digunakan pada perusahaan bersekala menengah sebagai server. Tetapi saat ini mini komputer makin jarang digunakan karena fungsinya diganti oleh PC yang lebih canggih.
C.    Personal komputer atau komputer mini adalah komputer yang berukuran relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai komputer ini. Komputer ini terdiri atas monitor, keyboard, mouse, CPU. Komputer jenis ini paling banyak digunakan, baik itu dirumah, dikantor, lembaga kursus dan sekolah.
D.   Komputer portable: komputer adalah komputer uang berukuran kecil dari pada PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering berpergian, pengembangan terbaru memungkinkan komputer yang seukuran telapak tangan, misalnya desknote, notebook, subnotebook dan palmtop.

Berdasarkan Jenis data yang diolah komputer dapat digolongkan menjadi tiga bagian, yaitu analog, digital hybrid:
A.   Komputer analog digunakan untuk mengelola data kualitatif berdasarkan imput dari keadaan lingkungan yang nyata bekerja secara continue dan pararel. Contoh, komputer yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur kelembapan dan suhu.
B.    Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaitu huruf, angka, kombinasi huruf dan angka . serta karakter-karakter khusus berdasarkan imput dari pulsa elektronik. Salah satunya adalah PC (personal komputer).
C.    Kompter hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan dengan digital, contohnya faksimili.


D. KOMPONEN-KOMPONEN TEKNOLOGI IMFORMASI

Komponen utama perangkat keras sistem komputer :
·      Unit masukan : berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data / perintah ke dalam komputer.      Contoh : keyboard, mouse, scanner, dll.
·      Unit Pusat Pengolah (Central Processing Unit) : merupakan otak sistem komputer. Terdiri atas       komponen aritmatika dan logika (Arithmatic and Logical Unit), Unit Kontrol (Control Unit / CU)    dan Main Memory.
·      Unit Keluaran : berfungsi untuk menampilkan/mencetak keluaran sebagai hasil pengolah data. Contoh : printer, monitor, plotter, speaker, dll.
·      Media Penyimpanan (Memory) : digunakan untuk menyimpan data, informasi dan program pengolah.
Komponen pendukung perangkat keras sistem komputer :
·      I/O ports : digunakan untuk menerima atau mengirim data keluar sistem. Dihubungkan melalui I/O ports.
·      Data Bus : merupakan jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer.
·      Address Bus : digunakan untuk memberikan tanda lokasi sumber ataupun tujuan dalam proses transfer data.
·      Control Bus : Digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus.
2. Perangkat Lunak (Software)
Merupakan serangkaian instruksi dengan aturan terntentu yang mengatur operasi perangkat keras.
Perangkat lunak terdiri atas 4 Kelompok :
a. Sistem Operasi (Operating System)
Adalah perangkat lunak ayng digunakan untuk mengendalikan resources selama proses berlangsung. Fungsi sistem operasi adalah mengalokasikan memori dan pekerjaan serta penjadwalan pekerjaan. Contoh : DOS, UNIX, Windows, Linux, dsb.
b. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Digunakan sebagai alat untuk mengembangkan program aplikasi.
Level/generasi bahasa pemrograman komputer (4 GL = 4 Generation Language) :
1. Bahasa mesin (machine language)
2. Bahasa rakitan (assembly language)
3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (programming language)
4. Aplikasi (application)

c. Bahasa Query (Query Language)
Merupakan perangkat lunak bahasa tingkat sangat tinggi yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi-informasi yang diinginkan hanya dengan sedikit perintah saja. contoh : SQL (structured query language)

d. Aplikasi (Application)
Merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk digunakan pada kegiatan/pekerjaan tertentu. contoh : SPSS, Ms. Office, Photoshop, dll.

3. Perangkat Otak (Brainware)
Merupakan personal-personal yang terlibat dalam sistem komputer, yaitu meliputi operator programmer, system analyst, manajer sistem informasi, manajer pada tingkat operasional, manajer pada tingkat manajerial, manajer pada tingkat strategis, teknisi, administrator database (DBA), serta personal lain yang terlibat.
Menurut definisi 1994, komponen Teknologi Pembelajaran, meliputi:
1)     Teori dan praktek
Teori terdiri dari konsep, bangunan (konstruk), prinsip dan proposisi yang memberi sumbangan terhadap khasanah pengetahuan. Sedangkan praktek merupakan penerapan pengetahuan tersebut dalam memecahkan permasalahan.
Praktek juga dapat memberi konstribusi kepada pengetahuan melalui informasi yang didapat dari pengalaman.
2)     Disain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian
Kawasan disain merupakan sumbangan teoritik terbesar dari teknologi pembelajaran untuk bidang pendidikan yang lebih luas. Demikian pula kawasan pengembangan telah menjadi matang dan memberikan sumbangan terbesar untuk praktek. Sebaliknya, kawasan pemanfaatan secara teoritis maupun praktis masih belum berkembang dengan baik. Meskipun berbagai usaha telah dilakukan dalam bidang pemanfaatan media keadaanya masih tetap saja kurang mendapatkan perhatian. Sedangkan kawasan pengelolaan selalu ada dalam bidang karena sumber untuk menunjang berlangsungnya tiap fungsi harus diorganisasikan dan diawasi (dikelola). Kawasan penilaian masih menggantungkan diri pada penelitian dari bidang lain. Sumbangan utama bidang studi ini adalah evaluasi formatif. 
      3)     Proses dan sumber
Proses adalah serangkaian operasi atau kegiatan yang diarahkan pada suatu hasil tertentu. Pengertian proses mencakup tata urutan yang terdiri dari masukan, kegiatan dan keluaran.
Sedangkan sumber ialah asal yang mendukung terjadinya belajar, termasuk sistim pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan. Sumber belajar tidak terbatas hanya bahan dan alat yang digunakan dalam proses pembelajaran, namun juga mencakup tenaga, biaya dan fasilitas. Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu setiap orang untuk belajar yang menampilkan kompetensinya.
4)     Untuk keperluan belajar
Tujuan teknologi pembelajaran adalah untuk memacu (merangsang)  dan memicu (menumbuhkan) belajar. Dalam definisi disebutkan bahwa belajar menyangkut adanya perubahan yang relatif permanen pada pengetahuan atau perilaku seseorang karena pengalaman (Mayer, 1982:1040). Berlo (1960) menunjukkan bahwa unsur-unsur pada proses belajar dengan proses komunikasi sejalan. Pada komunikasi, pesan diolah dan disalurkan yang kemudian diterima dan diberi makna serta disalurkan kembali sebagai umpan balik (feed back) kepada pengirim pesan. Sedangkan pada proses belajar, orang menanggapi, manafsirkan dan merespon terhadap rangsangan dan mengambil pelajaran dari akibat tanggapan tersebut.





E. KLASIFIKASI TEKNOLOGI INFORMASI

1.      Klasifikasi Teknologi Informasi Berdasarkan Data yang Diolah

Berdasarkan data atau sinyal masukan yang diolah,  Teknologi Informasi dapat diklasifikasikan menjadi komputer analog, komputer digital, dankomputer hybrid. Output yang dihasilkan oleh komputer analog, digital, danhybrid ini dapat berupa data analog, digital, atau keduanya, yaitu analog sekaligus digital.

a.      Komputer Analog
Komputer analog digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (continuous) bukan berupa data angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan, dan lain-lain. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung. Kelebihan jenis komputer ini adalah pada kecepatan yang dimilikinya dalam menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengolah data tersebut tanpa harus melalui proses konversi. Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk grafik. Kekurangan yang dimilikinya terletak pada ketepatan yang dimilkinya masih lebih rendah dibanding jenis komputer digital.

b.      Komputer Digital
Komputer digital digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka atau huruf. Jenis komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik, comtohnya PC yang banyak digunakan orang. Keunggulan komputer digital adalah tingkat ketepatannya yang lebih tinggi dibanding komputer analog, dapat menyimpan data, dapat melakukan operasi logika, data yang disimpan dapat dikoreksi, output yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik, atau gambar.

c.       Komputer Hybrid
Komputer hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Karena digunakan untuk aplikasi khusus, diperlukan komputer yang lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog. 
2.      Klasifikasi Teknologi Informasi Berdasarkan Fungsi Sistem

Berdasarkan fungsinya komputer dibagi menjadi dua kategori, komputer dengan tujuan khusus (special purpose computer) dan komputer dengan tujuan umum (general purpose computer).
a.       Special Purpose Computer
Special Purpose Computer merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus dan biasanya hanya berupa satu masalah saja. Program komputer telah disediakan di dalamnya. Jenis komputer ini dapat berupa komputer digital atau analog. Jenis komputer ini banyak dikembangkan untuk pengendalian otomatis pada proses industri, untuk tujuan militer atau navigasi di kapal selam dan pesawat, untuk bidang diagnosis di kedokteran, dan sebagainya.
            b.      General Purpose Computer
General Purpose Computer merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam program dan permasalahan yang berbeda seperti pengolahan kata, grafis, permainan, multimedia, dan lain-lain. Yang termasuk dalam jenis komputer ini adalah PC (Personal Computer) yang biasa digunakan di rumah, kantor atau sekolah. 
3.      Klasifikasi Teknologi Ibformasi Berdasarkan Ukuran/Size
Saat ini ukuran fisik sebuah komputer tidak dapat dijadikan cerminan kapasitas dan kemampuannya. Ukuran komputer mikro bahkan notebook saat ini melebihi kemampuan dan kecepatan komputer mini yang ada pada tahun 70-an. Perbandingan dapat saja dilakukan tetapi sesuai pada masa dan generasi yang sama.
Selain bentuk fisik sebuah komputer, kemampuannya dapat diukur dari kapasitas memori, kapasitas penyimpanan (harddisk), dan kecepatan prosesor yang dimilikinya. Untuk itu berdasarkan ukurannya komputer dapat dibedakan atas komputer super (super computer), komputer besar (large computer), komputer menengah (medium computer), komputer kecil (small computer), komputer mini (mini computer), dan komputer mikro (micro computer). Semakin besar ukuran komputer semakin besar kapasitas memorinya, kapasitas penyimpanannya, jumlah prosesornya.
            a.       Super Computer
Super computer adalah jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling cepat. Bisa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan untuk peramalan cuaca dan oerancangan roket. Diantara jenis komputer super yang terkenal adalah Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White (buatan IBM / International Business Machine). Salah satu buatan IBM ini kini digunakan oleh Depertemen Energi Amerika Serikat untuk melakukan simulasi pengujian nuklir. Komputer ini memiliki 8192 prosesor yang dapat memproses 12,3 trilyun instruksi per detik, memakan tempat seluas 1200 kaki kuadrat (William dan Sawyer, 2003). Pada tahun 2002 ASCI White atau biasa juga disebut “Pacific Blue” merupakan komputer super tercepat di dunia. Adapun komputer super tercepat kedua dibuat oleh Intel.
simulasi pengujian nuklir. Komputer ini memiliki 8192 prosesor yang dapat memproses 12,3 trilyun instruksi per detik, memakan tempat seluas 1200 kaki kuadrat (William dan Sawyer, 2003). Pada tahun 2002 ASCI White atau biasa juga disebut “Pacific Blue” merupakan komputer super tercepat di dunia. Adapun komputer super tercepat kedua dibuat oleh Intel.
            b.      Komputer Besar
Komputer besar biasa juga disebut mainframemerupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume sangat besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys. Contoh jenis mainframe yang terkenal adalah IBM S/390 Paralel Enterprise Server.
            c.       Komputer Menegah
Komputer ini disebut juga medium-scale mainframe computer. Komputer jenis ini dapat mempunyai bermacam-macam alat input dan output. Biasanya komputer ini digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan hingga ribuan terminal yang tepisah dari komputer pusatnya
             d.      Komputer Kecil
Komputer ini disebut juga small-scale mainframe computer. Komputer jenis ini banyak digunakan untuk multiprogramming, multiprocessing dan virtual storage.
             e.       Komputer Mini
Komputer mini atau mini computer sering juga disebutMidrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan skala menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis ini antara lain DEC, IBM, Hewlett Packard, dan Data General. Contoh mainframe yang terkenal adalah IBM AS/400.
Komputer ini bersifat multiuser. Sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama. Tiap terminal dapat ditempatkan terpisah dengan komputer pusatnya. Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan pada aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data. Saat ini kemampuan komputer mini bisa sebanding dengan mainframe atau supercomputer yang ada 20 silam. Saat ini komputer mini bisa dihubungkan dengan terminal yang jumlahnya mencapai ribuan terminal.
            e.       Komputer Mini
Komputer mini atau mini computer sering juga disebutMidrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan skala menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis ini antara lain DEC, IBM, Hewlett Packard, dan Data General. Contoh mainframe yang terkenal adalah IBM AS/400.
Komputer ini bersifat multiuser. Sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama. Tiap terminal dapat ditempatkan terpisah dengan komputer pusatnya. Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan pada aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data. Saat ini kemampuan komputer mini bisa sebanding dengan mainframe atau supercomputer yang ada 20 silam. Saat ini komputer mini bisa dihubungkan dengan terminal yang jumlahnya mencapai ribuan terminal.
            f.       Micro Computer/Komputer Mikro
Komputer mikro adalah komputer personal (personal computer/PC) yang umumnya single user atau stand alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan periferal card untuk koneksi jaringan atau internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu komputer yang biasanya digunakan di meja tempat bekerja atau belajar. Dengan perkembangan teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin kecil dan portabel seperti notebook yang memiliki kemampuan sama dengan PC desktop. Oleh sebagian orang, notebook disebut sebagai laptop yang memiliki arti yang sama. Bahkan saat ini juga terdapat PC tablet, personal Data Asistant (PDA) atau PC saku (pocket PC) yang kemampuannya hampir sama dengan notebook.
            g.      Microcontroller
Mikrokontroler atau sering disebut sebagai embedded computermerupakan mikroprosesor khusus yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronis cerdas, seperti mobil dan lift. Mikroprosesor ini membuat peralatan dapat diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi adalah Motorola dan Texas Instrument. 
2. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebut sebagai komputer.

A. PENGARUH POSITIF KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
Komputer untuk pendidikan/Pembelajaran  sebagai alat bantu manusia dalam melakukan segala hal baik dalam membantu pekerjaan maupun dalam hal pendidikan. Dan computer menjadi tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai seoran pendidik., karena dengan computer memudahkan kita dalam melakukan kegiatan.
Komputer digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari mata pelajaran.Karena dengan adanya computer pendidikan computer sangat diperlukan dan harus mulai diajarkan sejak dini, karena teknologi berkembang sangat pesat, tetapi dalam pemanfaatannya teknologi ini memang harus dikontrol, karena bukan hanya ada efek positif tapi juga ada dampak negatifnya. Dan ini membuktikan bahwa para pelajar belum bisa memanfaatkan dengan baik kemajuan teknologi ini.

B. PENGARUH NEGATIF  KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
1.   Anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas.
2.      Akses negatif lewat internet
3.   Pengaruh negatif lain bagi anak, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer.Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
4.      Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer.
3. Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur atau alat yang memiliki lebih dari satu fungsi.Multimedia terbagi dari 5 unsur :
a.          Teks
b.         Gambar
c.          Audio
d.         Video(Visual Audio)
e.          Animasi

A. PENGARUH POSITIF MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Peranan Multimedia dalam Pembelajaran  dapat digunakan untuk :
a. Penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek : suara, video, animasi, teks, dan grafik.
b. Penyampaian  pesan pembelajaran dapat lebih terstandar, lebih menarik, dan lebih interakfit dengan menerapkan teori belajar.
c. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek dan kualitas dapat ditingkatkan.
d. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.
e. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat
    ditingkatkan serta peran guru berubah kea rah positif.
Di Bidang Pendidikan, Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
  1. Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
  2. Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
  3. Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
  4. Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
  5. Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
  6. Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
  7. Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
  8. Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
  9. Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
  10. Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
  11. Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
  12. Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
  13. Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
  14. Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
  15. Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
  16. Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
  17. Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.

B. PENGARUH NEGATIF MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN
1.       BIDANG PENDIDIKAN
§  Dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning ada beberapa nilai kurang baik yakni tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori prilaku atau etitude pelajarnya
§  Keberadaan guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan
§  Baru-baru ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang di adakan oleh lembaga atau instansi tertentu contoh: sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya

4. Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistemglobalTransmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Internet kaitannya dengan Pembelajaran.

A. PENGARUH POSITIF INTERNET DALAM PEMBELAJARAN
Adanya internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, ini masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi. Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar dibidang apapun yang diminati pasti ada infornasi dan internet.
Internet merupakan media komunikasi dan media pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi guru, siswa, dan masyarakat pada umumnya seta pengaruhnya dalam dunia pendidikan karena belajar melalui internet merupakan belajar secara online. Sistem belajar ini lebih mudah, cepat, dan murah. Selain itu, informasi yang didapat lebih variatif. Bahkan organisasi dunia pun (PBB) telah merancang konsep pendidikan “Education for next generation” yang lebih banyak berbasis informasi, teknologi, dan komunikasi (ITC). Banyak masyarakat yang mengkhawatirkan pemanfaatan media internet di dunia pendidikan, khususnya si sekolah dasar. Teknologi hadir di masyarakat bukan sesuatu yang harus ditolak karena alas an menkhawatirka masa depan anak didik. Tapi, jangan sampai karena kekhawatiran, teknologi itu ditolak. Masyarakat harus optimis kalau hal itu akan memberi manfaat yang besar bagi pendidikan.
Adanya kekhawatiran tersebut dapat diatasi dengan setting room yang tepat, konsep setting tempat yang terbuka, dan tidak akan ada akses untuk membuka situs yang kurang menguntungkan bagi pembelajaran anak didik, contohnya situs-situs porno.
Internet untuk sekolah dasar dapat mengubah paradigma belajar yaitu belajar dari segala arah. Sampai saat sekarang pun proses belajar di sekolah dasar maupun perguruan tinggi lainnya lebih banyak terpaku pada buku dan guru, maupun denganinternet, siswa akan belajar dengan orang yang asing bagi mereka.
Peran serta guru, orang tua juga perlu mengawasi anaknya dalam belajar untuk mendapatkan informasi yang banyak, cepat, dan murah, berdiskusi dengan teman dan guru tentang informasi yang diperoleh.
Pemanfaatan media internet untuk meningkatkan mutu pendidikan dapat mengakses dunia tanpa harus mengelilingi dunia dan untuk meminimalkan dampak negatifnya diperlukan bimbingan yang tepat bagi siswa mengenai sisi positif dan sisi negative untuk membangun kompetisi dari anak. Pengaruh internet dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah dasar harus diperkenalkan sejak dini karena sangat membantu anak dalam mengembangkan wawasannya.
Dalam meningkatkan mutu pendidikan, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sumber belajar hanya dapat diperoleh dari buku, guru, sebagai nara sumber, dan lingkungan sekitar. Ternyata masih ada media yang lebih modern (internet) dimana cakupan informasinya lebih luas, dapat memudahkan peserta didik dan masyarakat pada umumnya untuk mengetahui informasi terkini baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.
Pada hakekatnya, pembangunan masyarakat yang bersumber daya unggul adalah suatu kegiatan pendidikan informal dan bertujuan untuk mendidik masyarakat agar memiliki perilaku pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang baik untuk melaksanakan pembangunan guna peningkatan taraf kesejahteraan, social, dan ekonomi masyarakat.
Merumuskan suatu program pembangunan masyarakat yang efektif dan efesien adalah suatu pekerjaan rumit dan kompleks, karena yang dihadapi adalah masalah keterbelakangan dan kekurangpahaman demi mencapai mutu sumber daya manusia yang mandiri.
Pemanfaatan media internet dalam meningkatkan mutu pendidikan memegang peranan penting di dalam melahirkan sumber daya manusia produktif dan mandiri, dalam arti mampu menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pandangan bagi dirinya sendiri.

B. PENGARUH NEGATIF INTERNET DALAM PEMBELAJARAN

1.      Hacking : adalah menerobos program komputer milik orang/pihak lain.
2.   Phising : adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet(user ) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface
3.       Cracking : adalah hacking untuk tujuan jahat.
4.  Carding : adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet
5.       Defacing : adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain.
6.  Spamming : adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang takdikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk e-mail atau junk e-mail alias “sampah”.
 Daftar pustaka :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Reset Printer Epson TX110 - TX111 Menggunakan Software

BEDAH BUKU FILSAFAT PENDIDIKAN

Spesifikasi Printer Epson L565