JAWABAN UTS PT
JAWABAN UTS PT
1. A. PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi
Informasi,mempunyai pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan
informasi.
Definisi teknologi informasi adalah seperangkat alat
yang membantu kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang
berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996)
Teknologi informasi
adalah teknologi yang menggabungkan menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William dan
Sawyer,2003).
Teknologi Informasi
adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan
pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data,
sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya
sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat
disebar dan diakses secara global.
Sehingga dapat
disimpulkan bahwa teknologi informasi mencakup gabungan antara teknologi
komputer yaitu seperangkat alat yang
membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan
dengan data pemrosesan informasi, dan menyimpan informasi, mengirim informasi
serta pemanfaatan yang dikirimkan
melalui saluran komunikasi.
Adapun peranan
teknologi informasi dalam kehidupan saya sebagai pendidik yaitu dapat membantu
guru dalam menyampaikan pembelajaran
pada peserta didik supaya mudah dimengerti, dipahami dan dicerna. Hal ini
diisebabkan adanya variasi metode pengajaran yang lebih efektif, efisien,
variatif, menyenangkan sehingga anak didik lebih mudah tertarik karena adanya
gaya penyampaian melalui system audio dan visual.
Pengembangan Tekonologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) pada hakekatnya ditujukan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat. Kenyataan menunjukan TIK telah membawa perubahan
penting dalam perkembangan peradaban dunia terutama ekonomi. Bahkan abad
ke-21 diyakini akan menjadi abad baru yang disebut era informasi-ekonomi
(digital-economic) dengan cirri khas perdagangan yang memanfaatkan peralatan
elektronik (electronic commerce). Keadaan ini mengakibatkan adanya pergeseran
paradigma strategis pembangunan masyarakat dunia dari era industri menuju
informasi.
Dari berbagai peranan
TIK salah satunya yaitu peranan Teknlogi Informasi dan Komunikasi di bidang
pendidikan (e-education) tidak dapat dihindarkan lagi. Misalnya tidak
mungkin lagi mengecek jumlah siswa yang hadir mengikuti pelajaran dari tahun ke
tahun hanya dengan catatan di buku tahunan saja, demikian juga hasil nilai
siswa yang diperoleh selama mengkuti pendidikan hanya mengandalkan buku
nilai guru, leger sekolah atau buku induk sekolah , begitu pula pekerjaan
sederhana apapun pekerjaan akan menjadi lebih efisien jika menggunakan
computer. Pendidikan yang menggunakan sarana TIK terutama internet biasa
disebut e-education.
B. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
IMFORMASI
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi menampakkan kemajuannya sekitar abad ke-19 ketika
para ilmuwan berhasil menemukan berbagai penemuan penting. Misalnya penemuan di
bidang kesehatan yang memungkinkan kesehatan manusia menjadi lebih baik. Selain
itu berbagai teknologi yang dikembangkan telah mengubah kondisi manusia dalam
berbagai aspek. Perkembangan ini sampai sekarang masih berlangsung dan telah
mengubah cara kehidupan manusia di seluruh dunia. Namun yang paling menakjubkan
dalam penemuan itu adalah perkembangan di bidang teknologi informasi dan
komunikasi.
Perkembangan yang
pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi menjadikan abad ini menjadi
Abad informasi (Information Age). Ada juga yang berpendapat bahwa kemajuan di
bidang teknologi informasi dan komunikasi sering dinamakan dengan Revolusi
Komunikasi (Communication Revolution). Sekarang, berkat kemajuan di bidang
teknologi informasi dan komunikasi segala berbagai peristiwa yang terjadi di
belahan dunia lain dapat diketahui dengan cepat. Dunia perdagangan mengalami
kemajuan yang berarti seperti munculnya e-commerce.
Teknologi informasi
dan komunikasi mulai berkembang. Sekitar abad ke-15 ketika mesin cetak
ditemukan. Dapat dikatakan bahwa dengan ditemukannya mesin cetak terjadi
perubahan dalam proses manusia berkomunikasi. Tapi perkembangan yang pesat di
bidang informasi dan komunikasi terjadi ketika mulai digunakannya tenaga
listrik. Banyak penemuan baru yang menggunakan tenaga listrik untuk
menjalankannya. Salah satunya adalah telegrap yang ditemukan oleh Samuel FB.
Morse tahun 1837.
Perkembangan
di bidang informasi dan komunikasi adalah ditemukannya telepon oleh Alexander
Graham Bell pada tahun 1876. Setelah itu, berbagai penemuan lain bermunculan,
di antaranya penemuan ponograp oleh Thomas Edison pada tahun 1877 dan penemuan
radio oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1896. Juga perkembangan televisi dan satelit
komunikasi menandakan kemajuan yang pesat di bidang teknologi informasi dan
komunikasi.
Namun
begitu penemuan penting lainnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi
adalah dengan ditemukannya komputer. Komputer merupakan penemuan terbesar pada
abad ke-20. Perkembangan di bidang komputer semakin pesat ketika ditemukannya
transistor pada tahun 1947 oleh John Bardeen dan penemuan mikroprosesor pada
tahun 1971. Komputer telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia. Komputer
secara luas telah digunakan dalam berbagai bidang untuk mengontrol dari alat
yang paling sederhana seperti telepon hingga ke mesin yang paling rumit seperti
pesawat terbang. Begitu juga dengan penggunaan robot yang dikendalikan dengan
komputer meningkat dengan pesat. Robot-robot ini mengerjakan pekerjaan yang
dirasakan terlalu berbahaya bila digunakan oleh manusia. Kemajuan dan kemampuan
teknologi komputer ini terus meningkat setiap hari.
Gambar.
Penggunaan tenaga robot di perusahaan perakitan mobil. Berkat kemajuan di
bidang teknologi komputer, kini penggunaan robot banyak dilakukan di berbagai
industri berat menggantikan tenaga manusia.
Selain
itu kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat ketika
ditemukannya internet. Internet dapat diartikan sebagai suatu jaringan
komunikasi antar komputer. Pada awalnya, yaitu tahun 1969, Departemen
Pertahanan dan Keamanan Amerika Serikat mengembangkan suatu jaringan komunikasi
yang menjadi cikal bakal internet dengan nama ARPnet (Advanced Research Project
Agency Network). Jaringan komunikasi ini hanya terhubung antara sistem komputer
pemerintah dan militer. Jaringan komunikasi ini dibuat dengan tujuan untuk
menjaga keimanan sistem komputer apabila terjadi bencana atau perang.
Melihat
manfaatnya yang begitu besar para ilmuwan dari berbagai universitas di Amerika
Serikat juga mengembangkan jaringan komputer yang mirip dengan ARPnet, yaitu
NSFnet (NSF = Nation Science Foundation). NSFnet ini ternyata lebih baik dan
lebih murah sehingga terus dikembangkan agar bisa digunakan oleh masyarakat
umum. Terbentuklah apa yang sekarang kita kenal dengan internet. Pada tahun 1993,
teknologi internet mulai diperknalkan kepada masyarakat umum. Kini, tiap orang
apabila mempunyai komputer, modem, dan software internet dapat mengakses
berbagai informasi melalui internet.
C. PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI
IMFORMASI
Awalnya pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan besarnya
memori yang digunakan sebagai penyimpanan data pada komputer. Komputer
yang memiliki memori berupa RAM (random access memory) atau ROM (read only
memory) sebesar 512kb-1mb disebut komputer mini saat ini pengelompokan tersebut
sudah tidak tepat lagi karena komputer berukuran kecil, seperti PDA (personal
digital assistand)sudah banyak yang memiliki ram yang lebih besar dari 1mb (1mb
=1.024 kb). Oleh karena itu, pengelompokan komputer dilakukan
berdasarkan kemampuan pengolahan data. Komputer juga dapat
digolongkan berdasarkan fisik, sistem operasi dan jenis data yang
diperoleh.
Berdasarkan kemampuan pengolahan data dan bentuk fisiknya,
komputer dikelompokan menjadi beberapa bagian, mainframe, minicomputer dan
microcomputer.
A. Mainframe: jenis
komputer yang digunakan yang digunakan pada perusahaan-perusahaan bersekala
besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sngat besar .
B. Mini
komputer: jenis komputer ini digunakan pada perusahaan bersekala menengah
sebagai server. Tetapi saat ini mini komputer makin jarang digunakan karena
fungsinya diganti oleh PC yang lebih canggih.
C. Personal
komputer atau komputer mini adalah komputer yang berukuran relatif kecil dan
ditujukan untuk satu pemakai komputer ini. Komputer ini terdiri atas monitor,
keyboard, mouse, CPU. Komputer jenis ini paling banyak digunakan, baik itu
dirumah, dikantor, lembaga kursus dan sekolah.
D. Komputer
portable: komputer adalah komputer uang berukuran kecil dari pada PC sehingga
mudah dibawa dan dipindahkan. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering
berpergian, pengembangan terbaru memungkinkan komputer yang seukuran telapak
tangan, misalnya desknote, notebook, subnotebook dan palmtop.
Berdasarkan Jenis data yang diolah komputer dapat digolongkan menjadi
tiga bagian, yaitu analog, digital hybrid:
A. Komputer
analog digunakan untuk mengelola data kualitatif berdasarkan imput dari keadaan
lingkungan yang nyata bekerja secara continue dan pararel. Contoh, komputer
yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur kelembapan dan suhu.
B. Komputer
digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaitu huruf, angka,
kombinasi huruf dan angka . serta karakter-karakter khusus berdasarkan imput
dari pulsa elektronik. Salah satunya adalah PC (personal komputer).
C. Kompter
hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan dengan digital, contohnya
faksimili.
D. KOMPONEN-KOMPONEN TEKNOLOGI
IMFORMASI
Komponen utama perangkat keras
sistem komputer :
·
Unit masukan : berfungsi sebagai alat untuk
memasukkan data / perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard, mouse,
scanner, dll.
·
Unit Pusat Pengolah (Central Processing Unit)
: merupakan otak sistem komputer. Terdiri atas komponen aritmatika dan logika
(Arithmatic and Logical Unit), Unit Kontrol (Control Unit / CU) dan Main
Memory.
·
Unit Keluaran : berfungsi untuk
menampilkan/mencetak keluaran sebagai hasil pengolah data. Contoh : printer,
monitor, plotter, speaker, dll.
·
Media Penyimpanan (Memory) : digunakan untuk
menyimpan data, informasi dan program pengolah.
Komponen pendukung perangkat keras
sistem komputer :
·
I/O ports : digunakan untuk menerima atau
mengirim data keluar sistem. Dihubungkan melalui I/O ports.
·
Data Bus : merupakan jalur perpindahan data
antar modul dalam sistem komputer.
·
Address Bus : digunakan untuk memberikan
tanda lokasi sumber ataupun tujuan dalam proses transfer data.
·
Control Bus : Digunakan untuk mengontrol
penggunaan serta akses ke data bus dan address bus.
2. Perangkat Lunak (Software)
Merupakan serangkaian instruksi dengan aturan terntentu yang mengatur operasi perangkat keras.
Perangkat lunak terdiri atas 4 Kelompok :
a. Sistem Operasi (Operating System)
Adalah perangkat lunak ayng digunakan untuk mengendalikan resources selama proses berlangsung. Fungsi sistem operasi adalah mengalokasikan memori dan pekerjaan serta penjadwalan pekerjaan. Contoh : DOS, UNIX, Windows, Linux, dsb.
b. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Digunakan sebagai alat untuk mengembangkan program aplikasi.
Level/generasi bahasa pemrograman komputer (4 GL = 4 Generation Language) :
1. Bahasa mesin (machine language)
2. Bahasa rakitan (assembly language)
3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (programming language)
4. Aplikasi (application)
Merupakan serangkaian instruksi dengan aturan terntentu yang mengatur operasi perangkat keras.
Perangkat lunak terdiri atas 4 Kelompok :
a. Sistem Operasi (Operating System)
Adalah perangkat lunak ayng digunakan untuk mengendalikan resources selama proses berlangsung. Fungsi sistem operasi adalah mengalokasikan memori dan pekerjaan serta penjadwalan pekerjaan. Contoh : DOS, UNIX, Windows, Linux, dsb.
b. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Digunakan sebagai alat untuk mengembangkan program aplikasi.
Level/generasi bahasa pemrograman komputer (4 GL = 4 Generation Language) :
1. Bahasa mesin (machine language)
2. Bahasa rakitan (assembly language)
3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (programming language)
4. Aplikasi (application)
c. Bahasa Query (Query Language)
Merupakan perangkat lunak bahasa tingkat sangat tinggi yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi-informasi yang diinginkan hanya dengan sedikit perintah saja. contoh : SQL (structured query language)
d. Aplikasi (Application)
Merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk digunakan pada kegiatan/pekerjaan tertentu. contoh : SPSS, Ms. Office, Photoshop, dll.
3. Perangkat Otak (Brainware)
Merupakan personal-personal yang terlibat dalam sistem komputer, yaitu meliputi operator programmer, system analyst, manajer sistem informasi, manajer pada tingkat operasional, manajer pada tingkat manajerial, manajer pada tingkat strategis, teknisi, administrator database (DBA), serta personal lain yang terlibat.
Menurut definisi 1994, komponen
Teknologi Pembelajaran, meliputi:
1) Teori
dan praktek
Teori terdiri dari konsep,
bangunan (konstruk), prinsip dan proposisi yang memberi sumbangan terhadap
khasanah pengetahuan. Sedangkan praktek merupakan penerapan pengetahuan
tersebut dalam memecahkan permasalahan.
Praktek juga dapat memberi
konstribusi kepada pengetahuan melalui informasi yang didapat dari pengalaman.
2)
Disain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian
Kawasan disain merupakan
sumbangan teoritik terbesar dari teknologi pembelajaran untuk bidang pendidikan
yang lebih luas. Demikian pula kawasan pengembangan telah menjadi matang dan
memberikan sumbangan terbesar untuk praktek. Sebaliknya, kawasan pemanfaatan
secara teoritis maupun praktis masih belum berkembang dengan baik. Meskipun
berbagai usaha telah dilakukan dalam bidang pemanfaatan media keadaanya masih
tetap saja kurang mendapatkan perhatian. Sedangkan kawasan pengelolaan selalu
ada dalam bidang karena sumber untuk menunjang berlangsungnya tiap fungsi harus
diorganisasikan dan diawasi (dikelola). Kawasan penilaian masih menggantungkan
diri pada penelitian dari bidang lain. Sumbangan utama bidang studi ini adalah
evaluasi formatif.
3)
Proses dan sumber
Proses adalah serangkaian operasi
atau kegiatan yang diarahkan pada suatu hasil tertentu. Pengertian proses
mencakup tata urutan yang terdiri dari masukan, kegiatan dan keluaran.
Sedangkan sumber ialah asal yang
mendukung terjadinya belajar, termasuk sistim pelayanan, bahan pembelajaran dan
lingkungan. Sumber belajar tidak terbatas hanya bahan dan alat yang digunakan
dalam proses pembelajaran, namun juga mencakup tenaga, biaya dan fasilitas.
Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu setiap
orang untuk belajar yang menampilkan kompetensinya.
4) Untuk
keperluan belajar
Tujuan teknologi pembelajaran
adalah untuk memacu (merangsang) dan memicu (menumbuhkan) belajar. Dalam
definisi disebutkan bahwa belajar menyangkut adanya perubahan yang relatif
permanen pada pengetahuan atau perilaku seseorang karena pengalaman (Mayer,
1982:1040). Berlo (1960) menunjukkan bahwa unsur-unsur pada proses belajar
dengan proses komunikasi sejalan. Pada komunikasi, pesan diolah dan disalurkan
yang kemudian diterima dan diberi makna serta disalurkan kembali sebagai umpan
balik (feed back) kepada pengirim pesan. Sedangkan pada proses belajar, orang
menanggapi, manafsirkan dan merespon terhadap rangsangan dan mengambil
pelajaran dari akibat tanggapan tersebut.
E. KLASIFIKASI TEKNOLOGI INFORMASI
1. Klasifikasi Teknologi
Informasi Berdasarkan Data yang Diolah
Berdasarkan
data atau sinyal masukan yang diolah, Teknologi Informasi dapat
diklasifikasikan menjadi komputer analog, komputer digital, dankomputer
hybrid. Output yang dihasilkan oleh komputer analog, digital, danhybrid ini
dapat berupa data analog, digital, atau keduanya, yaitu analog sekaligus
digital.
a. Komputer Analog
Komputer analog digunakan
untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (continuous) bukan
berupa data angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik,
temperatur, kecepatan, tekanan, dan lain-lain. Output komputer analog biasanya
berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini
banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik,
penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung. Kelebihan
jenis komputer ini adalah pada kecepatan yang dimilikinya dalam menerima data
dalam besaran fisik dan langsung mengolah data tersebut tanpa harus melalui
proses konversi. Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk grafik.
Kekurangan yang dimilikinya terletak pada ketepatan yang dimilkinya masih lebih
rendah dibanding jenis komputer digital.
b. Komputer Digital
Komputer
digital digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka atau huruf. Jenis
komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik, comtohnya PC
yang banyak digunakan orang. Keunggulan komputer digital adalah tingkat
ketepatannya yang lebih tinggi dibanding komputer analog, dapat menyimpan data,
dapat melakukan operasi logika, data yang disimpan dapat dikoreksi, output yang
dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik, atau gambar.
c. Komputer Hybrid
Komputer hybrid merupakan
kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Karena digunakan untuk
aplikasi khusus, diperlukan komputer yang lebih cepat dari komputer digital dan
lebih tepat dari komputer analog.
2. Klasifikasi Teknologi
Informasi Berdasarkan Fungsi Sistem
Berdasarkan
fungsinya komputer dibagi menjadi dua kategori, komputer dengan tujuan khusus (special
purpose computer) dan komputer dengan tujuan umum (general purpose
computer).
a. Special
Purpose Computer
Special Purpose
Computer merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk
tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus dan biasanya hanya berupa satu
masalah saja. Program komputer telah disediakan di dalamnya. Jenis komputer ini
dapat berupa komputer digital atau analog. Jenis komputer ini banyak
dikembangkan untuk pengendalian otomatis pada proses industri, untuk tujuan
militer atau navigasi di kapal selam dan pesawat, untuk bidang diagnosis di
kedokteran, dan sebagainya.
b. General Purpose Computer
General Purpose
Computer merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk
menyelesaikan berbagai masalah. Dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai
macam program dan permasalahan yang berbeda seperti pengolahan kata, grafis,
permainan, multimedia, dan lain-lain. Yang termasuk dalam jenis komputer ini
adalah PC (Personal Computer) yang biasa digunakan di rumah, kantor atau
sekolah.
3. Klasifikasi Teknologi
Ibformasi Berdasarkan Ukuran/Size
Saat ini ukuran
fisik sebuah komputer tidak dapat dijadikan cerminan kapasitas dan
kemampuannya. Ukuran komputer mikro bahkan notebook saat ini melebihi kemampuan
dan kecepatan komputer mini yang ada pada tahun 70-an. Perbandingan dapat saja
dilakukan tetapi sesuai pada masa dan generasi yang sama.
Selain bentuk
fisik sebuah komputer, kemampuannya dapat diukur dari kapasitas memori,
kapasitas penyimpanan (harddisk), dan kecepatan prosesor yang dimilikinya.
Untuk itu berdasarkan ukurannya komputer dapat dibedakan atas komputer super (super
computer), komputer besar (large computer), komputer menengah (medium
computer), komputer kecil (small computer), komputer mini (mini
computer), dan komputer mikro (micro computer). Semakin besar ukuran
komputer semakin besar kapasitas memorinya, kapasitas penyimpanannya, jumlah
prosesornya.
a. Super Computer
Super computer adalah
jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling cepat. Bisa digunakan
untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan
untuk peramalan cuaca dan oerancangan roket. Diantara jenis komputer super yang
terkenal adalah Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White (buatan
IBM / International Business Machine). Salah satu buatan IBM ini kini digunakan
oleh Depertemen Energi Amerika Serikat untuk melakukan simulasi pengujian
nuklir. Komputer ini memiliki 8192 prosesor yang dapat memproses 12,3 trilyun
instruksi per detik, memakan tempat seluas 1200 kaki kuadrat (William dan
Sawyer, 2003). Pada tahun 2002 ASCI White atau biasa juga disebut “Pacific
Blue” merupakan komputer super tercepat di dunia. Adapun komputer super
tercepat kedua dibuat oleh Intel.
simulasi pengujian nuklir. Komputer ini memiliki 8192 prosesor yang
dapat memproses 12,3 trilyun instruksi per detik, memakan tempat seluas 1200
kaki kuadrat (William dan Sawyer, 2003). Pada tahun 2002 ASCI White atau
biasa juga disebut “Pacific Blue” merupakan komputer super tercepat di dunia.
Adapun komputer super tercepat kedua dibuat oleh Intel.
Komputer besar
biasa juga disebut mainframemerupakan jenis komputer yang digunakan
pada perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume
sangat besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer
ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys. Contoh jenis mainframe yang terkenal
adalah IBM S/390 Paralel Enterprise Server.
c. Komputer Menegah
Komputer ini
disebut juga medium-scale mainframe computer. Komputer jenis ini
dapat mempunyai bermacam-macam alat input dan output. Biasanya komputer ini
digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan hingga ribuan terminal yang
tepisah dari komputer pusatnya
d. Komputer Kecil
Komputer ini
disebut juga small-scale mainframe computer. Komputer jenis ini
banyak digunakan untuk multiprogramming, multiprocessing dan virtual
storage.
e. Komputer Mini
Komputer mini atau mini computer sering juga
disebutMidrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan skala
menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis ini
antara lain DEC, IBM, Hewlett Packard, dan Data General. Contoh mainframe yang
terkenal adalah IBM AS/400.
Komputer ini bersifat multiuser. Sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama. Tiap terminal dapat ditempatkan terpisah dengan komputer pusatnya. Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan pada aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data. Saat ini kemampuan komputer mini bisa sebanding dengan mainframe atau supercomputer yang ada 20 silam. Saat ini komputer mini bisa dihubungkan dengan terminal yang jumlahnya mencapai ribuan terminal.
Komputer ini bersifat multiuser. Sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama. Tiap terminal dapat ditempatkan terpisah dengan komputer pusatnya. Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan pada aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data. Saat ini kemampuan komputer mini bisa sebanding dengan mainframe atau supercomputer yang ada 20 silam. Saat ini komputer mini bisa dihubungkan dengan terminal yang jumlahnya mencapai ribuan terminal.
e. Komputer Mini
Komputer mini atau mini computer sering juga
disebutMidrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan skala
menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis ini
antara lain DEC, IBM, Hewlett Packard, dan Data General. Contoh mainframe yang
terkenal adalah IBM AS/400.
Komputer ini bersifat multiuser. Sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama. Tiap terminal dapat ditempatkan terpisah dengan komputer pusatnya. Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan pada aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data. Saat ini kemampuan komputer mini bisa sebanding dengan mainframe atau supercomputer yang ada 20 silam. Saat ini komputer mini bisa dihubungkan dengan terminal yang jumlahnya mencapai ribuan terminal.
Komputer ini bersifat multiuser. Sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama. Tiap terminal dapat ditempatkan terpisah dengan komputer pusatnya. Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan pada aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data. Saat ini kemampuan komputer mini bisa sebanding dengan mainframe atau supercomputer yang ada 20 silam. Saat ini komputer mini bisa dihubungkan dengan terminal yang jumlahnya mencapai ribuan terminal.
f. Micro
Computer/Komputer Mikro
Komputer mikro adalah
komputer personal (personal computer/PC) yang umumnya single user atau
stand alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan periferal card untuk
koneksi jaringan atau internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu komputer yang
biasanya digunakan di meja tempat bekerja atau belajar. Dengan perkembangan
teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin kecil dan portabel seperti
notebook yang memiliki kemampuan sama dengan PC desktop. Oleh sebagian orang,
notebook disebut sebagai laptop yang memiliki arti yang sama. Bahkan saat ini
juga terdapat PC tablet, personal Data Asistant (PDA) atau PC
saku (pocket PC) yang kemampuannya hampir sama dengan notebook.
g. Microcontroller
Mikrokontroler atau
sering disebut sebagai embedded computermerupakan mikroprosesor
khusus yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronis
cerdas, seperti mobil dan lift. Mikroprosesor ini membuat peralatan dapat
diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi adalah Motorola dan Texas
Instrument.
2. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini
kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan
informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi
komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat
alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti
luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang
berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda
tersebut sekarang disebut sebut sebagai komputer.
A. PENGARUH POSITIF KOMPUTER DALAM
PEMBELAJARAN
Komputer untuk
pendidikan/Pembelajaran sebagai alat
bantu manusia dalam melakukan segala hal baik dalam membantu pekerjaan maupun
dalam hal pendidikan. Dan computer menjadi tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan
sehari-hari sebagai seoran pendidik., karena dengan computer memudahkan kita
dalam melakukan kegiatan.
Komputer digunakan untuk membantu
memudahkan dalam mempelajari mata pelajaran.Karena dengan adanya computer
pendidikan computer sangat diperlukan dan harus mulai diajarkan sejak dini,
karena teknologi berkembang sangat pesat, tetapi dalam pemanfaatannya teknologi
ini memang harus dikontrol, karena bukan hanya ada efek positif tapi juga ada
dampak negatifnya. Dan ini membuktikan bahwa para pelajar belum bisa
memanfaatkan dengan baik kemajuan teknologi ini.
B. PENGARUH NEGATIF KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
1. Anak, kemungkinan besar
tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur
seperti kekerasan dan agresivitas.
2. Akses negatif lewat
internet
3. Pengaruh negatif lain
bagi anak, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer.Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis,
menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
4. Kecanduan bermain
komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan
bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak
soal waktu bermain komputer.
3. Multimedia adalah pemanfaatan
computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan
menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
Multimedia adalah gabungan dari
beberapa unsur atau alat yang memiliki lebih dari satu fungsi.Multimedia
terbagi dari 5 unsur :
a.
Teks
b.
Gambar
c.
Audio
d.
Video(Visual Audio)
e.
Animasi
A. PENGARUH POSITIF MULTIMEDIA
DALAM PEMBELAJARAN
Peranan Multimedia dalam Pembelajaran dapat digunakan untuk :
a. Penyampaian bahan pengajaran
secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh
berbagai aspek : suara, video, animasi, teks, dan grafik.
b. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar,
lebih menarik, dan lebih interakfit dengan menerapkan teori belajar.
c. Waktu pelaksanaan pembelajaran
dapat diperpendek dan kualitas dapat ditingkatkan.
d. Proses pembelajaran dapat
berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.
e. Sikap positif siswa terhadap
materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat
ditingkatkan serta peran guru berubah kea rah positif.
Di
Bidang Pendidikan, Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki
teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan
belajar-mengajar:
- Multimedia
membuat pelajar mengerti isi pelajaran
- Multimedia
membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
- Multimedia
menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
- Multimedia
mampu menjadi sumber pengetahuan
- Multimedia
mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
- Multimedia
mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
- Multimedia
kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
- Multimedia
mampu menghibur selama proses pembelajaran
- Multimedia
membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
- Multimedia
memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
- Multimedia
membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
- Multimedia
memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi
kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang
sesuai dengan diri sendiri
- Multimedia
mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
- Multimedia
menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa
melalui diskusi
- Multimedia
memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
- Multimedia
memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi
oleh pihak-pihak lain.
- Siswa
dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang
sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.
B. PENGARUH NEGATIF MULTIMEDIA
DALAM PEMBELAJARAN
1.
BIDANG PENDIDIKAN
§ Dengan
adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning ada beberapa nilai kurang baik
yakni tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih
intensif memonitori prilaku atau etitude pelajarnya
§ Keberadaan
guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan
§ Baru-baru
ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang di adakan
oleh lembaga atau instansi tertentu contoh: sertifikasi dari Microsoft
Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya
4. Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh
jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistemglobalTransmission Control Protocol/Internet
Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching
communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh
dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan
rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking
("antarjaringan").
Internet kaitannya dengan
Pembelajaran.
A. PENGARUH POSITIF INTERNET DALAM
PEMBELAJARAN
Adanya internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai
tersedia banyak. Dengan kata lain, ini masalah akses semestinya bukan menjadi
masalah lagi. Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat
besar dibidang apapun yang diminati pasti ada infornasi dan internet.
Internet merupakan media komunikasi dan media pembelajaran yang sangat
bermanfaat bagi guru, siswa, dan masyarakat pada umumnya seta pengaruhnya dalam
dunia pendidikan karena belajar melalui internet merupakan belajar secara
online. Sistem belajar ini lebih mudah, cepat, dan murah. Selain itu, informasi
yang didapat lebih variatif. Bahkan organisasi dunia pun (PBB) telah merancang
konsep pendidikan “Education for next generation” yang lebih banyak berbasis
informasi, teknologi, dan komunikasi (ITC). Banyak masyarakat yang
mengkhawatirkan pemanfaatan media internet di dunia pendidikan, khususnya si
sekolah dasar. Teknologi hadir di masyarakat bukan sesuatu yang harus ditolak
karena alas an menkhawatirka masa depan anak didik. Tapi, jangan sampai karena
kekhawatiran, teknologi itu ditolak. Masyarakat harus optimis kalau hal itu
akan memberi manfaat yang besar bagi pendidikan.
Adanya kekhawatiran tersebut dapat diatasi dengan setting room yang tepat,
konsep setting tempat yang terbuka, dan tidak akan ada akses untuk membuka
situs yang kurang menguntungkan bagi pembelajaran anak didik, contohnya
situs-situs porno.
Internet untuk sekolah dasar dapat mengubah paradigma belajar yaitu belajar dari segala arah. Sampai saat sekarang pun proses belajar di sekolah dasar maupun perguruan tinggi lainnya lebih banyak terpaku pada buku dan guru, maupun denganinternet, siswa akan belajar dengan orang yang asing bagi mereka.
Internet untuk sekolah dasar dapat mengubah paradigma belajar yaitu belajar dari segala arah. Sampai saat sekarang pun proses belajar di sekolah dasar maupun perguruan tinggi lainnya lebih banyak terpaku pada buku dan guru, maupun denganinternet, siswa akan belajar dengan orang yang asing bagi mereka.
Peran serta guru, orang tua juga perlu mengawasi anaknya dalam belajar
untuk mendapatkan informasi yang banyak, cepat, dan murah, berdiskusi dengan
teman dan guru tentang informasi yang diperoleh.
Pemanfaatan media internet untuk meningkatkan mutu pendidikan dapat
mengakses dunia tanpa harus mengelilingi dunia dan untuk meminimalkan dampak
negatifnya diperlukan bimbingan yang tepat bagi siswa mengenai sisi positif dan
sisi negative untuk membangun kompetisi dari anak. Pengaruh internet dalam
dunia pendidikan khususnya di sekolah dasar harus diperkenalkan sejak dini
karena sangat membantu anak dalam mengembangkan wawasannya.
Dalam meningkatkan mutu pendidikan, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sumber belajar hanya dapat diperoleh dari buku, guru, sebagai nara sumber, dan lingkungan sekitar. Ternyata masih ada media yang lebih modern (internet) dimana cakupan informasinya lebih luas, dapat memudahkan peserta didik dan masyarakat pada umumnya untuk mengetahui informasi terkini baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.
Dalam meningkatkan mutu pendidikan, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sumber belajar hanya dapat diperoleh dari buku, guru, sebagai nara sumber, dan lingkungan sekitar. Ternyata masih ada media yang lebih modern (internet) dimana cakupan informasinya lebih luas, dapat memudahkan peserta didik dan masyarakat pada umumnya untuk mengetahui informasi terkini baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.
Pada hakekatnya, pembangunan masyarakat yang bersumber daya unggul adalah
suatu kegiatan pendidikan informal dan bertujuan untuk mendidik masyarakat agar
memiliki perilaku pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang baik untuk
melaksanakan pembangunan guna peningkatan taraf kesejahteraan, social, dan
ekonomi masyarakat.
Merumuskan suatu program pembangunan masyarakat yang efektif dan efesien
adalah suatu pekerjaan rumit dan kompleks, karena yang dihadapi adalah masalah
keterbelakangan dan kekurangpahaman demi mencapai mutu sumber daya manusia yang
mandiri.
Pemanfaatan media internet dalam meningkatkan mutu pendidikan memegang peranan penting di dalam melahirkan sumber daya manusia produktif dan mandiri, dalam arti mampu menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pandangan bagi dirinya sendiri.
Pemanfaatan media internet dalam meningkatkan mutu pendidikan memegang peranan penting di dalam melahirkan sumber daya manusia produktif dan mandiri, dalam arti mampu menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pandangan bagi dirinya sendiri.
B. PENGARUH NEGATIF INTERNET DALAM
PEMBELAJARAN
1. Hacking : adalah menerobos program komputer milik
orang/pihak lain.
2. Phising : adalah kegiatan memancing pemakai
komputer di internet(user ) agar mau memberikan informasi data diri
pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang
sudah di-deface
3. Cracking : adalah hacking untuk tujuan jahat.
4. Carding : adalah berbelanja menggunakan nomor dan
identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya
dengan mencuri data di internet
5. Defacing : adalah kegiatan mengubah halaman
situs/website pihak lain.
6. Spamming : adalah pengiriman berita atau iklan
lewat surat elektronik (e-mail) yang takdikehendaki. Spam sering
disebut juga sebagai bulk e-mail atau junk e-mail alias
“sampah”.
Daftar pustaka :
Komentar
Posting Komentar